Kamis, 12 September 2013

| SEJARAH KONOHAGAKURE |

Konohagakure (Konohagakure no Sato; Secara harfiah berarti “Village Hidden Among Tree Leaves”, juga dikenal sebagai “Desa Daun Tersembunyi” atau “Hidden Leaf Village”) adalah Desa Besar Tersembunyi di Negara Api. Sebagai salah satu dari lima Desa Ninja Besar, Konohagakure memiliki Kage sebagai pemimpin yang dikenal sebagai Hokage. Ada lima Hokage hingga sakarang, dengan Tsunade yang paling terakhir. Di sebuah gunung yang menghadap desa dari utara ada Monumen Hokage. Negara Api dan Desa Konoha relatif damai sejak akhir Perang Dunia Ketiga Shinobi, dan menjadi Desa terkuat diantara 5 desa besar shinobi, meskipun hal ini telah melemah di tiga tahun terakhir menyusul serangan oleh Orochimaru dan Pain. Mayoritas shinobi dari desa ini tampaknya mahir dengan teknik pelepasan api.
Pada waktu sebelum pembentukan desa-desa ninja, ninja disusun dalam klan bayaran kecil yang hanya tahu tentang pertempuran. Dari klan ninja yang tak terhitung jumlahnya, klan Uchiha dan klan Senju adalah yang terkuat. Setelah banyak pertumpahan darah, klan Senju menawarkan gencatan senjata dengan Uchiha. Pemimpin Uchiha, Madara Uchiha keberatan, dan dipaksa oleh anggota Uchiha untuk menerimanya. Senju dan Uchiha sepakat untuk menciptakan sebuah desa yaitu "Konohagakure". Senju Hashirama, pemimpin Senju, menggunakan kemampuan kayunya untuk menghasilkan infrastruktur desa dengan jumlah besar ‘. Untuk alasan ini ia terpilih menjadi Hokage Pertama oleh penduduk desa.
Uchiha khawatir bahwa Senju yang sekarang menguasai Konoha akan menindas mereka karena mereka mantan saingan mereka, Uchiha Madara mencoba untuk mengumpulkan dukungan untuk menggulingkan Hashirama dan melakukan pemberontakan. Namun, tidak ada Uchiha yang bisa membantu, dan memaksanya untuk menghadapi Hashirama sendiri. Madara akhirnya dikalahkan di sebuah tempat bernama "Lembah Akhir" dan diyakini telah meninggal. Setelah pertempuran, Kyuubi datang ke Konoha dan Mito Uzumaki (istri Hashirama) menyegel kedalam dirinya. Klan Uzumaki memang sangat terkenal dengan Fuinjutsu (jutsu penyegelan) dan dikenal memiliki umur yang panjang, Klan Senju memiliki hubungan dekat dengannya. Hashirama juga memberikan koleksi bijuunya ke Desa lain untuk mewujudkan suatu perdamaian. Namun perdamaian itu hanya sesaat.
Konoha mengambil bagian dalam tiga perang pertama ninja. Hashirama meninggal selama Perang Dunia Shinobi Pertama, mengharuskan saudaranya untuk menggantikan posisinya sebagai Hokage Kedua. Hokage Kedua juga mati selama perang, dibunuh oleh Ninja Kumogakure (Kinkaku & Gin'gaku), dan dia mengangkat Hiruzen Sarutobi sebagai penggantinya sebelum kematiannya. Hiruzen, Hokage Ketiga, kemudian memimpin pasukan Konoha selama Perang Dunia Kedua Shinobi. Pertempuran di Amegakure, menyebabkan banyak bentrokan dengan Hanzo Salamender dari Amegakure, sedikit yang diketahui tindakan Konoha selama perang. Beberapa dekade kemudian Konoha menjadi terlibat dalam Perang Dunia Shinobi Ketiga; Konoha melawan Iwagakure, menggunakan Kusagakure sebagai medan perang mereka. Konoha hampir kalah, tapi Minato Namikaze membantu mengubah perang kembali berpihak pada mereka.

Setelah akhir Perang Dunia Shinobi Ketiga, Minato dipilih sebagai Hokage Keempat. Segera setelah menjabat sebagai Hokage, Orang yang mengaku "Uchiha Madara" kembali ke desa dan melepaskan Kyuubi dari tuan Uzumaki Kushina (istri Minato), dan menggunakannya untuk menyerang Konoha. Minato mampu mengalahkan Madara (Tobi), tapi ia terpaksa mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan desa . Dia menyegel Kyuubi ke anaknya, Uzumaki Naruto. Banyak shinobi yang mati akibat insiden tersebut, dan menyalahkan Naruto karena Kyuubi tersegel dalam dirinya.
Peristiwa Hyuga (Hyuga no Ken), sebagai insiden yang dikenal saat ini di Kumogakure, terjadi sembilan tahun sebelum dimulainya seri ketika Kumogakure dan Konohagakure sedang berperang. Untuk mengakhirinya, mereka sepakat untuk perjanjian perdamaian. Perjanjian itu segera diturunkan menjadi tidak lebih dari omong kosong bila "Raikage" Kumogakure pada waktu itu tidak berada di Konoha untuk menandatangani perjanjian, mencoba untuk menculik Hinata dalam rangka untuk mendapatkan Byakugan dan rahasianya.

Beberapa dekade setelah pemberontakan Madara, Uchiha telah dihapus dari keputusan mengenai pembangunan Konoha dan masa mendatang. Konoha pun mulai mencurigai seorang Uchiha yang berada di balik serangan Kyuubi 16 tahun silam ‘, Uchiha mulai tidak dapat kepercayaan dari Konoha. Klan Uchiha mulai merencanakan kudeta ??dan akan mengambil alih kontrol Konoha dari Senju. Itachi Uchiha adalah anggota klan yang tidak setuju dengan satunya rencana klannya dan menjadi mata-mata untuk kepemimpinan Konoha. Setelah perundingan damai gagal, Itachi diperintahkan untuk memusnahkan klan Uchiha. Ia, dibantu oleh Madara Uchiha(Tobi) dan membunuh semuanya kecuali adik Itachi yaitu Sasuke Uchiha. Sesuai permintaan Itachi, Konoha akan menjaga Sasuke dengan aman. Itachi menjadi Kriminal level-S dalam pembantaian itu dan hidup sebagai buronan selama sisa hidupnya. Dia akhirnya mati saat melawan Sasuke delapan tahun setelah kepunahan Uchiha.

Sekitar lima tahun setelah pembantaian klan Uchiha, Konoha diserang oleh Ninja Otogakure dan Sunagakure selama tahap terakhir dari Ujian Chunin, dalam upaya untuk mengakhiri perdamaian dan kemakmuran yang telah dinikmati Konoha sendiri sejak Perang Ninja Ketiga. Para musuh memang sudah kalah tetapi Konoha kehilangan banyak korban diantaranya adalah Hokage Ketiga. Meskipun ia dengan cepat digantikan oleh Tsunade, pemulihan untuk sisa pasukan militer Konoha berjalan lambat. Desa menjadi kekurangan kekuatan militer, sehingga tidak mampu untuk menghadapi masalah yang terjadi dengan benar dalam sementara, seperti kepergian Sasuke Uchiha dari Konoha.
Tiga tahun setelah Serangan Otogakure dan Sunagakure gagal, Pemimpin Akatsuki menyerang desa dalam upaya menangkap Naruto dan mengambil Kyuubi yang disegel dalam dirinya. Pasukan Konoha cukup berhasil saat melawan Pains secara individu, tetapi bisa berbuat apa untuk menghentikan penghancuran desa oleh Pain menggunakan Jutsu Shinra Tensei. Naruto kembali ke Konoha tak lama kemudian (setelah tertunda oleh tindakan Danzo) dan mengalahkan Pain untuk membalaskan dendam desa dan Gurunya (Jiraiya). Setelah Naruto meyakinkan Pain (Nagato) bahwa tindakannya itu salah, Pain memberikan hidupnya untuk menghidupkan kembali orang yang mati selama invasi. Sejak itulah Naruto diakui oleh warga desa sebagai seorang Pahlawan .
Akibat serangan itu, Konoha kehilangan banyak kapabilitas ekonomi dan militer. Status Konoha sebagai desa yang paling kuat juga dilewati oleh Kumogakure. Tsunade dalam keadaan koma akibat mengorbankan dirinya dalam melindungi warga Konoha dari serangan Pain. Danzo Shimura untuk sementara mengambil jabatan sebagai penggantinya. Danzo mengawasi awal proses panjang membangun kembali . Selain itu, kejahatan internasional Sasuke sekarang juga menjadi masalah Konoha, yang menyebabkan desa tersebut untuk memutuskan hubungan dengan dia untuk mencegah dia menjadi beban , dan secara resmi dia dicap sebagai seorang penjahat yang pantas untuk dibunuh.

Ke 5 Negara besar akhirnya memutuskan untuk membentuk suatu Aliansi Shinobi untuk melawan Akatsuki, pemimpinnya bukanlah Hokage melainkan Raikage.

0 komentar:

Posting Komentar